Zawa Hello Ramadhan (OneLine NEWS) Selamat Datang di bp1media.blogspot.com (OneLine NEWS) Warga Batang Pane 1 telah menerima LPG gratis dari pemerintah (OneLine NEWS) kirimkan informasi dan berita anda melalui form contact website/ blog ini (OneLine NEWS)

KURS hari ini

13-Apr-2011 / 16:11 WIB
KURSJUALBELI
USD8775.008525.00
SGD7001.006774.00
HKD1129.601095.60
CHF9799.259487.25

Dua balita dan satu bocah di Batang Pane I Terserang DBD


Dua balita dan satu bocah di Desa Batang Pane I, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara terjangkit demam berdarah dengue atau DBD. Ketiganya, masing-masing Hidayah (3), Sari Hidayah (3) dan Nazaruddin (9).
(f:metro/susilawady)
Penderita DBD di Rumah Sakit HAMS Kisaran, ditemani ibunya.
Ketiganya positif mengidap DBD sesuai hasil uji sampel darah di laboratorium Rumah Sakit Nuraini, Kotapinang, Kabupaten Labusel.
Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinskes) Paluta, H Darwin Harahap SSos, melalui Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK), dr Arnalom Sitorus, kepada METRO, Senin (21/3), mengatakan, informasi DBD menyerang Desa Batang Pane I sesuai laporan yang disampaikan Kepala Puskesmas (Kapus) Batang Pane II, Zulkipli.
“Dalam laporan Kapus, saat ini ketiga warga itu menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Labusel. Mereka demam hingga beberapa hari. Selanjutnya, karena demam tidak kunjung turun akhirnya mereka dilarikan ke salah satu rumah sakit di Labusel. Lalu, setelah melalui proses pemeriksaan medis sampel darah ketiganya dinyatakan positif DBD,” ucap Arnalom.
Dengan ditemukan 3 warga terjangkit DBD, sambung Arnalom, pihaknya langsung melakukan monitoring bersama petugas puskesmas Batang Pane ke lokasi. Hasilnya, di sekitar rumah ketiganya ditemukan tumpukan sampah yang penuh air. Diduga kuat nyamuk aedes aegypti berasal dari tumpukan sampah itu.
“Dari hasil monitoring yang dilakukan di Desa Batang Pane I, ditemukan tumpukan sampah menggunung di sekitar rumah ketiga korban. Begitu kita menerima informasi ini, hari ini (Selasa, red) tim akan turun ke Batang Pane I melakukan penyemprotan atau fogging di sekitar rumah ketiganya. Fogging akan dilakukan di radius 100 meter dari kediaman warga agar penyakit yang menular melalui gigitan nyamuk itu tidak menyebar,” tukasnya.
Lebih jauh pihaknya mengimbau warga untuk memperhatikan kebersihan. Caranya, membersihkan genangan air di setiap sudut dan dalam rumah serta lingkungan, khususnya genangan air yang tidak tersentuh cahaya. “Kita imbau kepada masyarakat di Paluta agar menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan menjaga kesehatan lingkungan terutama saat musim hujan,” imbaunya.
Di Kisaran,
29 Warga Terjangkit
Sementara itu, sebanyak 29 warga Kabupaten Asahan terjangkit virus Demam Berdarah Dengue (DBD), sejak tiga bulan terakhir.
Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan drg Habinsaran Nasution, melalui Abdul Haris selaku Wasor Pemberantasan Penyakit Bersumber Binatang P2B2, Senin ( 21/3 ) di ruang kerjanya. “Terhitung sejak Januari hingga Maret 2011, tercatat ada 29 penderita DBD. Untuk Januari ada 20, Pebruari 6 dan bulan Maret 3 orang. Data ini dihimpun dari seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Asahan,” ucapnya.
Lanjutnya, melihat data yang ada, terjadi penurunan penderita yang terjangkit virus DBD pada Triwulan pertama 2011 jika dibandingkan tahun 2010 lalu. Diharapkan penurunan ini terus terjadi hingga akhir tahun 2011. Sebab pada tahun 2010, penduduk Asahan yang terjangkit DBD sebanyak 338 orang dengan korban meninggal sebanyak 6 orang. (thg/mag-02/syaf)


sumber: http://metrosiantar.com/Metro_Tabagsel/DBD_Serang_2_Balita_dan_1_Bocah_

0 komentar:

Posting Komentar

Klik and Share This Blog

Twitter Facebook Digg Favorites More