Zawa Hello Ramadhan (OneLine NEWS) Selamat Datang di bp1media.blogspot.com (OneLine NEWS) Warga Batang Pane 1 telah menerima LPG gratis dari pemerintah (OneLine NEWS) kirimkan informasi dan berita anda melalui form contact website/ blog ini (OneLine NEWS)

KURS hari ini

13-Apr-2011 / 16:11 WIB
KURSJUALBELI
USD8775.008525.00
SGD7001.006774.00
HKD1129.601095.60
CHF9799.259487.25

DINKES PALUTA Fogging Batang Pane I


Petugas Dinas Kesehatan Padang Lawas Utara melakukan fogging di beberapa titik yang dianggap rawan penyebaran nyamuk demam berdarah dengue di Desa Batang Pane I, RT 10 B, Selasa (22/3). Pengasapan dilakukan untuk memutus rantai penyebaran nyamuk Aedes aegypti. Sementara dua balita, Sari Hidayah (3), dan Hidayah (3), yang sebelumnya terjangkit DBD, sudah dibolehkan pulang dari rumah sakit karena sembuh.
Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Paluta H Darwin Harahap SSos didampingi Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) dr Arnalom Sitorus melalui petugas surveilans Mariati SKM kepada METRO, Selasa (22/3) mengatakan, fogging tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut adanya tiga warga terjangkit DBD. Sasaran fogging yakni di Kompleks RT 10 B, Desa Batang Pane I, Kecamatan Padang Bolak.
“Untuk menanggulangi meluasnya wabah penyakit itu, kita langsung melakukan pengasapan di sejumlah tempat yang diduga kuat sebagai lokasi berkembangnya nyamuk pembawa virus demam berdarah. Mudah-mudahan dengan cara ini bisa mengurangi perkembangbiakan nyamuk itu, dan diharapkan penyemprotan itu meminimalisir penyebaran nyamuk penyebab penyakit DBD,” ucapnya.
Selain melakukan fogging di Desa Batang Pane, sambung Mariati, pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang DBD dan pencegahannya. Sehingga warga paham dan mengerti arti pentingnya perilaku hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari.
Ketika ditanya perkembangan ketiga pasien DBD asal Desa Batang Pane I, Kecamatan Padang Bolak yang dirawat di Rumah Sakit Nuraini, Kotapinang, Mariati menyebutkan dua pasien sudah diperbolehkan pulang. Sedangkan satu lagi masih dirawat intensif.
Kedua pasien yang sudah pulang itu yakni, Sari Hidayah (3), dan Hidayah (3). Keduanya pulang Senin (21/3). Sementara Nazaruddin (9), masih dirawat intensif di rumah sakit itu.
Seperti diberitakan sebelumnya, dua balita dan satu bocah di Desa Batang Pane I, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Paluta terjangkit DBD.
Ketiganya, masing-masing Hidayah, Sari Hidayah, dan Nazaruddin.
Ketiganya positif mengidap DBD sesuai hasil uji sampel darah di laboratorium Rumah Sakit Nuraini, Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel).
Plt Kadinkes Paluta H Darwin Harahap SSos melalui Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) dr Arnalom Sitorus kepada METRO, Senin (21/3), mengatakan, informasi DBD menyerang Desa Batang Pane I sesuai laporan yang disampaikan Kepala Puskesmas (Kapus) Batang Pane II, Zulkipli.
“Dalam laporan Kapus, ketiga warga itu menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Labusel. Mereka demam hingga beberapa hari. Selanjutnya, karena demam tak kunjung turun akhirnya mereka dilarikan ke salah satu rumah sakit di Labusel. Lalu, setelah melalui proses pemeriksaan medis sampel darah ketiganya dinyatakan positif DBD,” ucap Arnalom. (thg)melakukan sosialisasi tentang DBD dan pencegahannya, sehingga warga paham dan mengerti arti pentingnya perilaku hidup bersih dan kehidupan sehari-hari.
Sementara itu, ketika ditanya tentang perkembangan ketiga pasien demam berdarah yang dirawat di Rumah Sakit Nuraini, Kotapinang, asal desa Batang Pane I, kecamatan Padang Bolak. Mariati menyebutkan ketiga pasien demam berdarah asal desa Batang Pane I, dua orang sudah diperbolehkan pulang sedangkan satu lagi masih dirawat untuk mendapat perawatan intensif.” Dua orang sudah pulang, satu lagi masih dirawat secara intensif di rumah sakit itu,” ungkap mariati. (thg)

Sumber: http://metrosiantar.com/MENUJU_PALAS-PALUTA/Dua_Balita_Sembuh_dari_DBD

0 komentar:

Posting Komentar

Klik and Share This Blog

Twitter Facebook Digg Favorites More